Edit Skin Tone Foto dengan Photoshop

Ditulis oleh: -
Foto model dibawah ini keliatan warna fotonya redup, dengan bantuan photoshop berupa  skin tone dapat meghasillkan warna yang lebih natural dan hidup, ayo kita coba :



Bagaimana menghasilkan foto “cewek cantik” dengan skin tone seperti gambar diatas?. Kadang kita bosan dengan foto-foto portrait kita dan menginginkan perubahan skin color di foto hasil jepretan kita.

Kali ini aku coba tuliskan Tutorial cara Edit Skin Tone dengan Photoshopdengan cara simple/sederhana untuk mendapatkan suasana yang berbeda pada foto kita. Tidak hanya berlaku padafoto portrait saja, bisa dicoba di foto-fotoyang lain untuk mendapatkan nuansa berbeda dari biasanya. Foto diatas salah satu contoh foto pribadi yang diambil saathunting foto model di jogja bersama parafotografer jogja

Mungkin ada yang belum tahu bahwa proses untuk menghasilkan skin tone diatas cukup dengan bermain layering, color dan opacity di Photoshop. Sebelum aku terangin tahapannya, kalian harus tau dulu bagaimana create layer, fill color, set blending mode, dan set opacity. Gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.





Berikut tahapan teknik ovelay layer untuk mendapatkan skin tone seperti gambar diatas, sebagai berikut :
Open foto model atau foto portrait yang ingin diedit di Photoshop.
Create new layer (layer 1) dan fill solid color dengan nilai # FF7997 (gunakan shortcut Shift+F5), kemudian set blending mode ke Linear Dodge, kemudian set opacity ke 15%.
Create new layer (layer 2) fill solid color dengan nilai # 0600FF, kemudian set blending mode ke Exlusion, kemudian set opacity ke 30%.
Create new layer (layer 3) fill solid color dengan nilai # FCFFDE, kemudian set blending mode ke Softlight, kemudian set opacity ke 70%.
Create new layer (layer 4) fill solid color dengan nilai # DBDDB3, kemudian set blending mode ke Hardlight, kemudian set opacity ke 20%.
Setelah overlay keempat layer solid color diatas, terakhir adalah kita duplikat layer foto kita (layer paling bawah, foto normal), letakkan layer di posisi paling atas, kemudian set blending mode ke Overlay, dan set opacity ke nilai 40%.


Berikut tampilan susunan layer Edit Skin Tone di Photoshop dari langkah-langkah diatas :



Dengan langkah diatas kita sudah bisa menghasilkan skin tone yang berbeda untuk foto kita, tinggal kita kombinasikan dengan mengatur Hue/Saturation, Color Balance, Brightness/Contrast, atau yang lainnya seperti Smoothing/memperhalus kulit sang model, dll.

Mau tau bagaimana foto aslinya? untuk pembanding berikut saya upload fotoasli/normal tanpa editan sebagai pembanding hasil diatas.



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

0 komentar "Edit Skin Tone Foto dengan Photoshop", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar