Pada hakekatnya, belajar lebih dari sekedar mengingat tetapi merupakan kegiatan yang lebih komplek dari itu. Karena bagi siswa, untuk benar-benar mengerti dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan, mereka harus bekerja untuk memecahkan masalah, menemukan sesuatu bagi dirinya sendiri dan selalu bergulat dengan ide-ide. Tugas pendidikan tidak hanya menuangkan atau menjejalkan sejumlah informasi ke benak siswa, tetapi mengusahakan bagaimana agar konsep-konsep penting dan sangat berguna tertanam kuat dalam benak siswa. (Nur, 2000).
Menurut Arend ( 1997) strategi belajar menunjuk pada tingkah laku dan proses berpikir yang digunakan siswa yang mempengaruhi apa yang akan dipelajari, termasuk proses memori dan metakognitif. Karena sangatlah penting untuk mengajarkan kepada siswa tentang strategi-strategi belajar.
Tujuan utama pengajaran strategi belajar adalah mengajarkan pada siswa untuk belajar atas kemauan dan kemampuan diri sendiri.
Pebelajar mandiri (self-regulated learner) mengacu pada pebelajar yang dapat melakukan empat hal penting yaitu:
0 komentar "Strategi Belajar", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar