Cara Sederhana Merias Foto Menjadi Secantik Artis


Sebenarnya sudah banyak tutorial photoshop tentang make over wajah, semuanya bagus, ini hanya mengupas kembali mudah- mudahan cukup berguna untuk para pemula.
Langsung saja dan pertama buka dulu photo yang mau di edit, contoh seperti foto dibawah ini


Setelah file open, duplikasi dulu layer foto (klik Ctr+J) dan layer duplikasi inilah yang kita edit. Biasakan untuk membuat duplikasi layer agar memudahkan untuk menggunakan lagi jika terjadi kesalahan.
Pada wajah terlihat banyak lubang bekas jerawat. Untuk memuluskannya, selec layer, klik filter > blur >  Surface blur lalu masukan nilai “OK”

kemudian putihkan wajah dengan menggunakan filter  > Distort > Diffuse glow dan masukan nilai “OK”


Kini wajahpun menjadi putih, bersih & Mulus, akan tetapi ada banyak bagian pada photo  yang menjadi pecah & tidak jelas.  Untuk mengatasinya maka kita kurangi opacitynya menjadi 60% kemudian klik add layer masks dan sapukan brush pada mata ,bibir , garis pada pipi, rambut, pakaian dan bagian yang gelap lainnya..

Setelah dirasa cukup maka kita gabungkan layer 1 dan background dengan menekan ctr+ E pilih layer background lalu di duplikat dengan menekan Ctr + J dan terbentuklah background copy.
Beri cahaya pada bagian wajah dengan cara pilih backround copy lalu sapukan Dodge tool pada bagian tulang hidung, kening , sedikit pipi. dan sedikit dagu


Beri bayangan pada wajah dengan cara sapukan Burn tool pada bagian pinggir hidung, pinggir kening , lipatan pipi dan pinggiran dagu.
Agar sapuan Dodge Tool dan sapuan Burn Tool  terlihat halus dan merata  maka pada background copy  atur Opacity menjadi 40 %.

Gabungkan layer background copy dengan background dengan menekan ctr + E
Hasilnya sudak terlihat cantik. dan sangat berbeda dari sebelumnya.  akan tetapi seperti biasa kalau make over wajah cewek jangan lupa di beri eye shadow, pemerah bibir, pemerah dagu dan pemerah pipi. Untuk memberi efek eye shadow maka kita seleksi pada bagian sekitar mata. lalu tekan ctr + J untuk membuat layer 1

Kita akan rubah warna sekitar mata (layer 1)  menjadi warna kuning dengan menggunakan color balance caranya adalah klik image > adjustment > Color balance lalu masukan nilai “OK”

Kita hapus bagian diluar kelopak mata dengan menggunakan erase tool


Pilih layer pada background lalu seleksi bagian sekitar pipi, bibir dan dagu dengan menggunakan polygonal lasso tool (L) lalu tekan ctr + J sehingga terbentuk layer 2


Kemudian beri sentuhan warna merah pada layer 2 dengan mengklik image > adjustment > Hue/Saturation masukan nilai “OK”

Langkah selanjutnya adalah klik add layer masks lalu hapus bagian yang berlebih dengan brush, setelah selesai kurangi opacity menjadi 80 % agar sedikit lebih cerah.dan hasil ahirnya seperti gambar dibawah

Orang yang tekun dan sabar pasti bisa, selamat mencoba

0 komentar "Cara Sederhana Merias Foto Menjadi Secantik Artis", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar