Banyak pakar belajar sejak dini mengemukakan bahwa tidak ada satu definisi belajar-pun yang dapat diterima banyak orang. Belajar merupakan salah satu topik paling penting dalam psikologi masa kini, namun belajar merupakan konsep yang sangat sulit untuk didefinisikan (Hergenhan & Olson, 1997). Meskipun demikian beberapa ahli mencoba mendefinisikan belajar dengan asumsi bahwa definisi tersebut telah mengandung aspek-aspek utama belajar. Adapun definisi tersebut antara lain :
MORGAN
Belajar adalah setiap perubahan yang relatif permanen/menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman atau latihan.
SKINNER
Belajar adalah proses adaptasi tingkah laku yang progresif.
HILGARD & BOWER
Belajar adalah proses timbulnya suatu aktivitas ataupun bertambahnya suatu aktivitas, yang terjadi karena reaksi terhadap situasi yang dialami, sedangkan perubahan tadi bukan sebagai respon bawaan atau kematangan (maturity) atau keadaan sementara dari organisme.
ANDERSON
Belajar adalah suatu proses, yang mana perubahan-perubahan yang terjadi bersifat relatif permanen dalam potensi perilaku sebagai suatu akibat pengalaman (1995). Definisi ini mengandung : (a) Proses, (b) Sifat perubahan relatif permanen, (c) Perilaku, (d) Potensi, dan (e) Pengalaman.
HERGENHAN & OLSON
Belajar adalah suatu perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau dalam potensialitas perilaku yang diakibatkan pengalaman dan tidak dapat diatribusikan pada kondisi tubuh sementara seperti kondisi tubuh yang disebabkan oleh penyakit, kelelahan, atau obat-obatan (1997). Definisi ini mengandung : (a) Perubahan perilaku, (b) Relatif permanen, (c) Belajar dan performan, (d) Pengalaman.
0 komentar "DEFINISI BELAJAR", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar