Pengaruh Motif

Ditulis oleh: -
Perilaku manusia secara umum memang dipengaruhi oleh motif-motif kepada hal-hal tertentu.
Hanya orang yang sedang terganggu tingkat kesadarannya yang melakukan sesuatu tanpa motif yang jelas. Ada juga orang yang kehilangan motivasi yang selama ini menggerakan aktifitasnya, dan sulit menemukan motivasi baru yang memadai sebagai pengganti yang lama. Seseorang ketika menjabat suatu jabatan, ia bekerja keras dan dedikatip, tetapi setelah tidak menduduki jabatan itu boleh jadi ia kehilangan motivasinya sehingga ia tidak mau atau tidak bisa mengerjakan sesuatu yang sebenarnya ia sanggup melakukannya.

Nampaknya jabatan yang disandang selama ini cukup dominan sebagai faktor penggerak tingkah laku. Hilangnya jabatan menyebabkan hilang pula faktor dominan yang menggerakan perilaku, karena motivasi yang lain kurang kuat. Dalam keadaan seperti inilah layanan konseling Agama dibutuhkan, yaitu membantu mencarikan motivasi baru agar ia tetap prima dan bekerja secara optimal pada bidang-bidang yang ia mampu. Seseorang telah menemukan motivasi yang kuat, maka ia dapat bekerja secara maksimal dan dapat berhasil secara optimal.

Contoh pensiunan pejabat tinggi yang menemukan motivasi baru adalah sebagai berikut : Seorang pejabat eselon I dalam birokrasi, selagi ia duduk dalam jabatannya sering berhubungan dengan Yayasan-yayasan pendidikan dan sosial. Hubungan ini menumbuhkan rasa hormat kepada orang yang disibukan dengan kegiatan sosial, membantu orang miskin, bukan hanya dengan tenaganya tetapi juga dengan hartanya. Perasaan hormat itu kelamaan berkembang menjadi obsesi, menjadi sesuatu yang selalu ada dalam pikirannya.

Akhirnya setelah pejabat itu pensiun ia merasa menemukan moment yang sangat tepat untuk terjun langsung dalam kegiatan yang telah menjadi obsesinya. Dengan penuh semangat ia berusaha menemukan cara-cara membantu pakir miskin dan memajukan dunia pendidikan bagi mereka. Dalam pekerjaan sosial itulah ia kemudian menemukan kebahagiaan yang luar biasa, merasa hidupnya bermakna, lebih dibanding ketika masih aktip sebagai pejabat tinggi.

0 komentar "Pengaruh Motif", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar